Rabu, 12 November 2014

Obat Batuk Untuk Ibu Hamil Muda Aman Secara Alami dan Resep Dokter

Obat Batuk Untuk Ibu Hamil . Disini kami akan membahas tentang keluhan batuk bunda yang sedang hamil secara tuntas pembahasan kita kali ini adalah APa itu batuk dan penyebabnya ? apa bahaya batuk terhadap ibu hamil ? dan cara membuat resep obat batuk untuk ibu hamil baik secara alami dan juga anjuran dokter umum . sehingga denagn artikel ini binda yang baru hami atau sudah lama dan biasa hamil paham betul mengatasi dan menangani batuk .

Obat Batuk Untuk Ibu Hamil

Sebelum kepada pembahasan pokok sesuai judul adalah obat batuk ibu hamil maka kita disini akan dijelsankan disini defenisi batuk yang bunda alami sejarang ini .

Pengertian Batuk ialah sebuah mekanisme tubuh untuk mengeluarkan benda asing atau dahak dari saluran nafas bagian atas dan paru paru. Batuk juga bisa timbul sebagai reaksi atas iritasi pada saluran nafas. Batuk hanya gejala dari suatu penyakit dan biasanya gejala batuk tidak berdiri sendiri, ada gejala lain yang menyertainya.

Obat Batuk Untuk Ibu Hamil
batuk bisa di bagi menjadi dua bagian .

Batuk produktif
Disebut batuk produktif bila saat batuk juga disertai dengan keluarnya dahak. Dahak yang keluar bisa berasal dari hidung dan sinus bisa juga dari kerongkongan dan paru paru. Batuk berdahak tidak boleh ditekan karena fungsi sebenarnya adalah untuk membersihkan saluran nafas dari dahak. Berikut beberapa kondisi yang dapat menyebabkan batuk berdahak :
1. GERD. GERD terjadi saat asam lambung naik ke tenggorokan dan menimbulkan batuk terutama saat tidur.

2. Pilek. Cairan yang berasal dari hidung turun ke kerongkongan dan menimbulkan batuk.

3. Merokok. Asap rokok yang masuk ke saluran nafas akan merangsang pengeluaran lendir dan menyebabkan batuk.

4. Infeksi virus. Adalah normal jika  Ibu Hamil batuk berdahak saat menderita common cold. Batuk biasanya dicetuskan oleh dahak yang ada di kerongkongan.

5. Infeksi. Infeksi yang menyerang paru paru dan saluran nafas bagian atas dapat menyebabkan batuk. Batuk berdahak bisa jadi merupakan ciri penyakit pneumonia, bronchitis, sinusits atau TBC.

6. Penyakit paru menahun. Batuk berdahak bisa juga mencirikakan suatu penyakit paru menahun atau COPD.

Batuk non produktif
Batuk non produktif sifatnya kering dan tidak mengeluarkan dahak makanya sering disebut batuk kering. Batuk kering umumnya muncul menjelang akhir gejala flu atau akibat iritasi debu dan asap rokok. Selain itu ada beberapa kondisi yang menyebabkan terjadinya batuk kering, diantaranya :

1. Alergi. Batuk kering yang diikuti dengan bersin bersin.

2. Obat obatan. Obat darah tinggi seperti ACE inhibitor dapat menyebabkan batuk kering.

3. Asma. Batuk kering khronis bisa jadi merupakan gejala ringan dari asma.

4. Penutupan saluran nafas oleh benda asing seperti makanan atau pil.

5. Infeksi virus. Setelah sembuh dari common cold biasanya diikuti dengan munculnya batuk kering sampai beberapa minggu. Batuk biasanya tambah parah saat malam hari.

6. Bronchospasme. Batuk kering di malam hari secara tiba tiba umumnya disebabkan oleh spasme atau penyempitan saluran bronchus (bronchospasme) yang antara lain dicetuskan oleh iritasi.

Sebagian besar batuk disebabkan oleh infeksi virus dan antibiotika bukan obat untuk mengobati penyakit virus. Penggunaan antibiotika yang tidak semestinya dapat meningkatkan resiko terjadinya reaksi alergi dan efek samping dari antibiotika seperti mual, muntah, diare, ruam dan infeksi jamur. Antibiotika juga dapat membunuh bakteri ‘baik’ dan meningkatkan resiko resistensi antibiotika.

Evaluasi yang teliti terhadap kondisi kesehatan secara umum dapat membantu untuk menentukan penyebab batuk. Ingat, batuk hanyalah gejala penyakit.Sehingga anda perlu mengobati penyakit asalnya . Lalu apa saja yang menyebabkan batuk pada ibu hami ?

Penyebab Ibu hamil diserang batuk

Selama masa kehamilan, tubuh wanita banyak berubah. Tenggorokan misalnya, akan lebih sering berlendir sehingga memicu terjadinya refleks berupa batuk.

Jadi batuk yang diderita ibu hamil sudah lumrah dan dapat di maklumi. Yang mengkhawatirkan adalah ketika batu terjadi secara terus-menerus.

Tidak hanya itu, batuk pada ibu hami juga disebabkan karena ibu hamil mengalami perubahan pada bentuk serta kapasitas rongga dada, karena terjadi pembesaran rongga perut. Pada ibu hamil, batuk yang kuat dan keras dapat mengakibatkan timbulnya tekanan rongga dada yang kuat pada rongga perut. Inilah yang seringkali menyebabkan keluarnya air kemih atau kotoran secara spontan, saat  Ibu Hamil batuk.

Bahya batuk pada ibu hamil
Akibat yang paling mungkin terjadi akibat batuk berat pada kehamilan adalah timbulnya perdarahan. Keadaan ini biasanya terjadi pada kehamilan yang memang memiliki riwayat keguguran, kehamilan berisiko tinggi, kehamilan kembar, dan kehamilan yang sulit karena ada riwayat ketidaksuburan.

Selain itu, bila batuk berat ini diderita oleh  Ibu Hamil yang kehamilannya sudah memasuki bulan ke-8 (trimester ke-3), kemungkinan besar  Ibu Hamil akan merasakan sesak napas dan sakit pada bagian bawah perut. Hal ini terjadi karena pada trimester 3, kepala janin sudah berada di bawah (mendekati jalan lahir). Nah, tekanan tulang kepala janin pada rongga panggul dan tulang kemaluan inilah yang menimbulkan rasa sakit pada bagian bawah perut, ketika  Ibu Hamil batuk dengan keras dan kuat. Apabila batuk ini terjadi secara berulang-ulang dan dalam waktu lama, bisa menyebabkan rasa nyeri pada ulu hati.

Cara memilih Obat Batuk Bagi Ibu Hamil yang aman

Ibu hami tentu tidak boleh sembarangan meminum obat. Sebab, dia tidak lagi sendirian. TIdak hanya tubuhnya saja yang dijaga tetapi juga janin dalam rahimnya. Lalu bagaimana cara memilih obat yang tepat.
Mula-mula pilihlah obat tradisional, dari bahan-bahan herbal.

Kalau kemudian terpaksa harus mengonsumsi obat pabrik, pilihlah obat obat batuk yang terbukti aman untuk ibuhamil adalah yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan, atau di Indonesia dikenal dengan istilah obat batuk hitam. Obat batuk produk luar negeri yang juga aman untuk ibuhamil (khususnya pada kehamilan muda) adalah yang mengandung senyawa dextrometrophan (DM) serta senyawa glyceril guayacolat (GG) untuk pengencer lendir.

Bila batuk Ibu hamil tergolong batuk kronis akibat infeksi TBC, misalnya, kini sudah tersedia beberapa jenis obat TBC yang terbukti aman untuk diberikan kepada ibu hamil. Tentu saja, apapun pilihan obat batuk  Ibu Hamil, konsultasikan dulu pada dokter.

Obat Batuk Untuk Ibu Hamil Muda Aman Secara Alami dan Resep Dokter

Munkin bunda bertanya apa obat  batuk yang bagus dan yang baik untuk ibu hami ? sebenarnya tergantung dari penyebab batuk bunda sendiri :
  1. Jika penyebab batuk ibu hamil adalah iritasi, minumlah air putih sebanyak mungkin.
  2.  Bila penyebab batuk ibu hami adalah alergi, hindari penyebab munculnya reaksi alergi ini. Misalnya, bila penyebab batuk ibu hamil berupa udara dingin, pakailah baju hangat, serta minum dan makanlah yang hangat-hangat.
  3. Bila penyebab batuk ibu hamil adalah infeksi, minumlah obat batuk yang aman untuk ibu hamil (konsultasikan pada dokter).
Lalu bagai mana kalau saya tidak tahu penyebabnya atau datang dadakan misalkan karena daya tahan tubuh lemah dan cuaca ekstrim maka obat batuk untuk ibu hamil yang tepat ampuh dan manjur dalah demikian ini :

1.Obat Batuk Untuk Ibu Hamil dengan  bahan jeruk nipis
Membuat obat batuk yang aman dari jeruk nipis sangat mudah yaitu cukup dengan meminum air perasannya yang ditambah dengan kecap.

2. Obat Batuk Untuk Ibu Hamil - Air rebusan jahe
Rebus jahe secukupnya dengan satu gelas air, dan minum air rebusannya.

3. Obat Batuk Untuk Ibu Hamil- Air kencur
Peras kencur yang sudah diparut kemudian tambah garam untuk diminum.
Apapun pilihan obat batuk yang Ibu Hami sukai, apakah obat batuk medis atau herbal, yang paling penting adalah obat tersebut aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

4. Obat Batuk Untuk Ibu Hamil -air putih
Ketika udara dingin tubuh memerlukan cairan untuk menggantikan yang hilang karena buang air kecil terus menerus akibat dingin. Hindari minum air dingin, biasakan mengonsumsi air hangat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

5. Konsumsi Sop
Dengan mengonsumsi sop dapat
membantu memberikan kehangatan pada tubuh dan membantu mengurangi batuk dan flu. Selain itu jga dapat membantu menambah cairan yang dibutuhkan ibu hamil.

6. Masala Teh
Masala teh merupakan teh asal India yang berisi rempah-rempah seperti cengkeh dan daun herbal lainnya. Cara ini adalah pengobatan tradisional di India yang dapat mengobati rasa dingin pada wanita hamil.

7. Istirahat Cukup

Ketika daya tahan tubuh dirasa menurun, segera beristirahat. Istirahat yang cukup dapat membuat tubuh hangat serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Bantal Lebih

Saat tidur untuk memudahkan pernapasan ketika hidung ibu hamil tersumbat, dapat dilakukan dengan menambahkan bantal di kepala. Hal ini dapat membuat napas menjadi lega dan membersihkan rongga hidung.

9. Buang Lendir

10 Obat pereda nyeri (analgesik). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, membuktikan bahwa obat analgesik (seperti acetaminophen / paracetamol), tidak menimbulkan risiko kecacatan pada janin. Namun obat pereda nyeri ibuprofen, asam asetil salisilat dan obat golongan non steroid anti inflamasi lainnya tidak dianjurkan dikonsumsi ibu hamil dengan usia kehamilan trimester (3 bulan terakhir), karena dapat memicu terjadinya kelahiran prematur dan keterlambatan penutupan katup jantung pada janin di dalam kandungan.

11 Obat Batuk Untuk Ibu Hamil bisa dengan dari apotik yaitu Obat pereda batuk dextromethorphan. Dalam penelitian Obat pereda batuk jenis ini tidak menunjukkan adanya penyebab gangguan atau kecacatan pada janin.

12 Obat Batuk Untuk Ibu Hamil bisa dengan Obat flu dekongestan pseudoephedrine dan phenylephrine adalah kandungan obat yang paling banyak menjadi komposisi pada obat bebas. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, juga tidak ditemukan risiko kecacatan janin apabila ibu hamil mengonsumsi obat ini.

13 Obat Batuk Untuk Ibu Hamil bisa dengan Obat flu dalam bentuk semprot atau tetes hidung yang mengandung xylometazoline and oxymetazoline yang juga banyak ditemukan pada obat bebas. Juga aman digunakan selama tidak digunakan secara berlebihan.

14Obat Batuk Untuk Ibu Hamil bisa dengan Obat antihistamin (anti alergi). Diphenhydramine dan chlorpheniramine banyak ditemukan pada obat bebas yang dapat meredakan flu. Obat menyebabkan efek samping mengantuk, namun berdasarkan penelitian tidak ditemukan risiko kecacatan pada janin.

15 Obat Batuk Untuk Ibu Hamil bisa denganObat batuk pengencer dahak (ekspektoran), biasanya mengandung guafenesin. Dan sampai saat ini tidak ada laporan peningkatan risiko kecacatan janin apabila dikonsumsi ibu hamil.

Itulah 15 obat batuk aman bagi ibu hami tapi yang paling aman adalah nomor sembilan keatas adapun nomor sepuluh kebawah itu menggunkan kimia meski rendah efeknya masih perlu konsultasi terhadap dokter .

Tips Ibu Hamil aman dari batuk
Lalu , bagi ibu hamil yang tidak terkena batuk, pertama syukurilah. Cara bersyukur tentu tidak hanya dengan mengucap alhamdulillah, tetapi juga dengan cara menjaga kesehatan. Lalu, bagaimana ibu bisa mencegah agar tidak batuk?
1. Biasakan berpola hidup sehat.
2. Jangan merokok.
3. Biasakan berolahraga secara rutin. Paling tidak, berjalan kaki setiap pagi. Ini baik untuk meningkatkan kapasitas dan kerja paru-paru  Ibu Hamil.
4. Biasakan tidur miring ke kiri, karena rongga perut di sisi kiri lebih luas, sehingga janin  Ibu Hamil tidak tertekan.
5. Tidurlah dengan posisi kepala lebih tinggi dari badan  Ibu Hamil.

Demikianlah obat batuk untuk ibu hami jika bunda mau berkunjung lagi kesini silahkan cari di google " obatbatukuntukibuhamil.blogspot.com " yang menjadi halaman utama blog ibu hamil ini . Selamat mencoba dan jaga kesehatan ya bunda !
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Obat Batuk Untuk Ibu Hamil Muda Aman Secara Alami dan Resep Dokter

0 komentar:

Posting Komentar